Sabtu, 01 Juni 2013

Analysis Requirement ?


Oke,skrg saya melanjutkan post tentang membuat proses bisnis sebuah organisasi.Sesuai dengan tahap proses Value Chain pada post saya sebelumnya, dimana setelah membuat proses bisnis dan job description selanjutnya merupakan tahap menganalisis kebutuhan sistem dari sebuah organisasi/ sering kita sebut sebagai Requirement Analysis. Requirement Analysis merupakan tahap dimana kita harus mengetahui kebutuhan dari sistem organisasi bisnis yang telah kita buat, tahap ini juga merupakan salah satu tahap yang mesti dilakukan manajemen dalam tahap SDLC.

Jadi untuk mempermudah proses analisis ini, Anda perlu mengelompokan kebutuhan dari sistem tersebut. Menurut O'Brien kebutuhan sistem informasi bisa dibagi menjadi lima komponen. Untuk lebih jelasnya Anda bisa liat dibawah ini.

  1. People Resources itu sumber daya manusia yang membangun sistem atau yang menggunakan sistem dalam perusahaan contohnya system analyst, specialist, analist, programmer, supervisor,administrator, dan lain-lain.
  2. Hardware Resources itu sumber perangkat keras yang mendukung suatu sistem informasi dalam perusahaan meliputi mesin seperti komputer, printer, optical scanner, media, dan lain sebagainya.
  3. Software Resources terdiri dari kumpulan program-program seperti spreadsheet program, dan wordprocessing program.
  4. Networks Resources itu jaringan-jaringan dalam perusahaan meliputi communication media, communications processors, network acces dan control software.
  5. Data resources, itu sumber- sumber data yang dikelola oleh perusahaan meliputi customer records, employee files dan inventory databases.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar