PENGEMBANGAN PRODUK
Produk merupakan suatu benda atau jasa yang memiliki nilai
(value);yang terealisasikan secara
sistemtis dan rasional untuk memenuhi kebutuhan dan memuaskan konsumen sebagai
sasaran.
Product Life Cycle (PLC) Adalah : daur hidup produk à suatu grafik yg menggambarkan suatu produk
mulai sejak diperkenalkan ke pasar sampai dgn ditarik dari pasar.
Departemen yang
berperan dalam merancang konsep pengembangan produk yaitu:
& Pemasaran
:
-
Proses identifikasi peluang produk
-
Pendefinisian segmen pasar
-
Identifikasi Kebutuhan Pelanggan
-
Menetapkan target harga
-
Merancang peluncuran dan promosi produk
& Perancangan :
-
Mendefinisikan bentuk fisik produk
-
Desain engineering : mekanik, elektrik, software
-
Desain industri : estetika, ergonomi, user
interface
& Manufaktur
:
-
Merancang dan mengoperasikan sistem produksi
pada proses produksi produk
Tahapan Produk :
- Tahap Pengembangan Produk : tahap ketika perusahaan menemukan & mengembangkan produk baru. Selama tahap ini penjualan=nol . Biaya investasi perusahaan besar
- Tahap Pengenalan Produk (Introduction) : periode pertumbuhan penjualan yg lambat ketika produk mulai diperkenalkan di pasar. Laba blm ada krn biaya pengeluaran utk memperkenalkan produk sgt besar
- Tahap Pertumbuhan (Growth): periode penerimaan pasar & peningkatan laba yg pesat.
- Tahap Kedewasaan Produk (Maturity): periode pertumbuhan penjualan yg mulai menurun krn produk telah diterima oleh sebagian pembeli potensial. Tk laba tetap/mulai turun krn biaya pengeluaran bertambah akibat banyaknya pesaing.
- Tahap Penurunan Produk (Decline): periode ketika penjualan & laba menurun
Penyebab Produk Memiliki Siklus Hidup :
¨ Produk
memiliki umur terbatas
¨ Penjualan
produk melewati tahap-tahap yang berbeda, dengan tantangan yang berbeda bagi
penjual.
¨ Laba
naik turun pada tahap yang berbeda dalam siklus hidup produk
¨ Produk
membutuhkan strategi pemasaran, keuangan, produksi, pembelian dan personel yang
berbeda dalam tiap tahap siklus hidup produk.
Ada 3 kategori produk
baru :
- Produk yg benar2 inovatif & unik, yaitu : blm ditemukan sblmnya, pdhl sgt dibutuhkan & berbeda dgn produk yg ada tp sama2 memuaskan keinginan.Contoh : Plastik yg bersaing dgn kayu/besi
- Produk pengganti yg benar2 berbeda dr produk yg sdh ada. Contoh : Kopi instan yg menggantikan kopi tubruk
- Produk imitasi, yaitu : produk yg baru bg perusahaan produk ttt, tp di pasar bkn mrp produk baru. Contoh : Rokok mild
KARAKTERISTIK
PENGEMBANGAN PRODUK YANG SUKSES
Dari sudut pandang investor dari perushaan yang berorientasi
laba, usaha pengembangan produk disebut sukses jika produk dapat diproduksi dan
dijual dengan menghasilkan laba. Namun laba seringkali sulit untuk dinilai
secara cepat dan langsung. Lima dimensi spesifik lainnya yang berhubungan
dengan laba dan biasa digunakan untuk menilai kinerja usaha pengembangan produk
yaitu :
Kualitas produk
Seberapa baik produk yang
dihasilkan dari upaya pengembangan produk ? apakah produk tersebut memuaskan
kebutuhan pelanggan ? apakah produk tersebut kuat (robust) dan andal ? Kualitas
produk pada akhirnya akan mempengaruhi pangsa pasar dan mempengaruhi harga yang
ingin dibayar oleh pelanggan untuk produk tersebut.
Biaya Produk
biaya untuk modal peralatan dan
alat bantu serta biaya produksisetiap unit produk. Biaya produk menentukan
berapa besar laba yang dihasilkan oleh perusahaan pada volume penjualan dan harga
penjualan tertentu.
Waktu Pengembangan Produk
Waktu yang akan menentukan kemampuan perusahaan dalam berkompetisi,
menunjukkan daya tanggap perusahaan terhadap perubahan teknologi, dan pada
akhirnya akan menentukan kecepatan perusahaan untuk menerima pengembalian
ekonomis dari usaha yang dilakukan tim pengembangan.
Biaya Pengembangan
biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk mengembangkan produk ; dibutuhkan
untuk mencapai profit.
Kapabilitas Pengembangan
Kapabilitas pengembangan merupakan aset yang dapat digunakan oleh
perusahaan untuk mengembangkan produk dengan lebih efektif dan ekonomis dimasa
yang akan datang.
Faktor-faktor yang menunjang pengembangan produk baru :
-
Kemajuan
teknologi
-
Perubahan
dlm kebutuhan konsumen
-
Daur
hidup produk yg semakin pendek
-
Makin
meningkatnya persaingan pasar internasional
Faktor-faktor yang
menghambat pengembangan produk baru :
¨ Makin
tingginya biaya modal
¨ Peraturan
pemerintah
¨ Biaya
tenaga kerja yg mahal
¨ Pemusatan
perhatian pd laba jangka pendek
¨ Krgnya
perhatian manajemen pd produk baru, yg tercermin dr riset pemasaran yg tdk
memadai,kekurangan strategi produk baru
¨ Ketakutan
bahwa produk baru akan mengancam
produk yg sdh ada
Metode yang Digunakan dalam Pengembangan Produk
1.Analisis Konjoin
2.Taguchi (Robust
Design)
3.TRIZ (Teoriya Resheniya Izobretatelskikh Zadach)
4.QFD
(Quality Function Deployment)
PRODUK BERHASIL
YAMAHA RX-KING
Produk
yang berhasil beredar dipasaran adalah sepeda motor Yamaha RX King. Seperti
yang kita ketahui RX King adalah sepeda motor keluaran dari pabrik Yamaha. RX
king pertama kali keluar di indonesia sekitar tahun 1984.
n Beberapa
faktor yang membuat sepeda motor Yamaha RX King laku dipasaran adalah adalah:
J
Harga
yang bersaing
J
Harga
sepeda motor Yamaha RX King relatif lebih murah dibandingkan dengan harga
sepeda motor jenis sport yang sekelas lainnya, seperti: Suzuki RG, dan yang
lainnya.
J
Design
: Rancangan model dan
design sepeda motor Yamaha RX King walaupun tidak ada banyak perubahan dari
tahun ke tahun, tetapi tidak pernah ketinggalan dalam hal model. Sepertinya
design seperti itu dapat bertahan lama. Rancangannyapun cukup ergonomis,
sehingga tetap stabil walaupun dikendarai dengan kecepatan tinggi.Spesifikasi
lebih unggul dikelasnya
J
Teknologi : dengan menggunakan Mesin yang
berkapasitas 135 cc membuat sepeda motor Yamaha RX King banyak disukai oleh
banyak konsumen, terutama konsumen yang berjiwa muda. Konsumen yang berjiwa muda
lebih mengutamakan kecepatan pada sepeda motornya, yang bisa kita temukan pada
sepeda motor Yamaha RX King.
J
Kenyamanan : selain itu konsumen juga membutuhkan kenyamanan dalam berkendara.
Untuk itu sepeda motor Yamaha RX King dilengkapi dengan sistem pengereman yang
cukup membuat pengendara merasa aman dan nyaman. Pada rem depan
digunakan rem cakram (disc brake)
J
Pemasaran : pemasaran yang dilakukan PT Yamaha
Indonesia cukup baik. Hal ini terlihat dari banyaknya dealer-dealer speda motor
Yamaha hampir diseluruh Indonesia.
PRODUK GAGAL YAMAHA TOUCH
n Produk yang
gagal dipasaran adalah sepeda motor Yamaha Touch. Pertama kali keluar dipasaran sekitar pada tahun
2001. Entah mengapa produk ini bisa tidak laku dipasaran.
n Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan
sepeda motor Yamaha Touch tidak laku dipasaran adalah:
J
Tidak
tepat waktu : produk ini pada awalnya sudah indent. Konsumen yang
ingin membeli harus menunggu untuk memilikinya. Sehingga konsumen lebih memilih
produk jenis yang lain, atau membeli produk dengan merk yang lain. Sehingga sedikit sekali konsumen yang
berminat.
J
Harga
yang agak mahal : saat
pertama kali diluncurkan harganya berkisar Rp 16.000.000,- (enam belas juta
rupiah). Jika dibandingkan dengan produk-produk lain yang sekelas, produk ini
termasuk mahal.
J
Spesifikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar